Bahan Umum yang Sering Digunakan dalam Pembuatan Baju Seragam Kerja

Kemeja atau seragam kerja merupakan sebuah aspek yang terlihat sepele padahal memiliki peran yang sangat signifikan dalam aktivitas bekerja. Kemeja atau seragam kerja harus dibuat senyaman mungkin agar tidak mengganggu saat bekerja. Dengan begitu tidak akan mengganggu produktivitas karyawan. Maka dari itu, sebelum membuat seragam atau kemeja kerja, harus memilih bahan yang tepat terlebih dahulu. Ada beberapa jenis bahan umum yang sering digunakan dalam pembuatan baju seragam kerja yang harus Anda ketahui sebagai referensi.

6 Bahan Umum yang Sering Digunakan dalam Pembuatan Baju Seragam Kerja, Nyaman Digunakan untuk Beraktivitas

bahan kain untuk seragam

Sama seperti bahan untuk membuat baju atau pakaian lainnya, membuat seragam atau kemeja kerja juga memiliki banyak pilihan bahan. Memilih bahan kemeja kerja harus cermat dan menyesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan pekerjanya. Bahan yang digunakan oleh pekerja yang bekerja di luar ruangan sudah pasti berbeda dengan bahan seragam kerja untuk orang yang bekerja di dalam ruangan. Nah, karena itu sebelum membuat baju seragam atau kemeja kerja, kenali dulu beberapa bahan yang umum digunakan seperti berikut ini.

  1. Drill

Diantara berbagai jenis bahan untuk kemeja atau baju kerja, drill ini adalah jenis bahan yang paling sering digunakan. Bahan drill ini bisa digunakan untuk membuat kemeja kerja, baik untuk bekerja di ruangan maupun di lapangan. Drill ini merupakan jenis kain yang terbuat dari campuran katun dan Polyester, dengan tekstur bergaris. Drill sendiri masih dibagi menjadi beberapa jenis lagi, yaitu bahan twill (serat kecil), american drill (serat sedang) dan japan drill (seratnya besar). Ini adalah jenis bahan kain yang paling umum dipakai oleh konveksi seragam kerja untuk membuat seragam.

  1. Chambray

Bahan selanjutnya yang juga sering digunakan untuk membuat kemeja kerja adalah chambray. Jika dilihat dari jauh, bahan ini terlihat seperti jeans atau denim. Namun ternyata ketika diperhatikan lebih mendetail, akan terlihat bedanya yaitu bahan yang lebih tipis. Bahan ini terbuat dari serat kapas sehingga sangat lembut dan halus. Karena bahannya yang lembut dan halus, jadi ketika digunakan lebih nyaman dan cocok untuk penggunaan casual dan semi formal.

  1. Oxford

Berikutnya adalah bahan Oxford. Bahan ini memiliki serat yang halus dengan tekstur berupa titik-titik kecil yang terlihat seperti piksel. Oxford ini juga tergolong tipis dan umumnya dijumpai polos tak bermotif. Bahannya yang halus membuat kemeja kerjanya juga lebih nyaman digunakan. Bahan ini umumnya digunakan untuk membuat seragam kerja maupun sekolah.

  1. Katun

Jika mencari bahan umum yang sering digunakan dalam pembuatan baju seragam kerja maka katun adalah bahan yang paling umum digunakan. Katun terbuat dari bahan dasar serat kapas. Sifatnya tidak mudah luntur jika berwarna dan tidak mudah kusut saat digunakan. Meskipun sedikit kaku, bahan katun ini cenderung menyerap keringat, sehingga lebih banyak digunakan untuk seragam kantoran.

  1. Denim

Diantara bahan yang sudah disebutkan sebelumnya, denim ini adalah bahan yang paling tebal. Umumnya bahan ini digunakan untuk membuat pakaian atau kemeja yang digunakan untuk jalan-jalan atau bepergian saja. Namun, tak sedikit pula yang menggunakannya untuk desain seragam kerja mereka.

  1. Flanel

Bahan flanel memang lebih tebal, namun tidak setebal denim. Kemeja atau baju yang menggunakan bahan flanel sangat cocok dipakai untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Tekstur flanel sedikit lebih kasar daripada katun serta lebih kaku. Meski demikian bahan ini tetap nyaman digunakan untuk membuat baju seragam kerja.

Itu tadi adalah beberapa bahan yang umumnya digunakan untuk membuat kemeja. Kalau Anda ingin membuat kemeja kerja atau seragam kerja, ada baiknya Anda memilih jenis bahan yang tepat, sesuaikan karakteristik kain dengan jenis pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan. Dengan begitu, pemakainya bisa tetap merasa nyaman saat bekerja dan tidak mengganggu produktivitas.

Punya seragam kerja dapat membantu Perusahaan Anda berkembang dan terlihat. Jadi jika anda sedang merencanakan pembuatan seragam kerja, saya sangat menyarankan Anda melihat bikinseragamkerja.com untuk mempelajari lebih lanjut tentang konveksi seragam kerja mereka. Mereka ahli dan profesional dalam pembuatan baju seragam.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *